Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java

Matematika , mungkin sebagian orang akan merasa malas ketika mendengar kata itu . Menghitung adalah salah satu hal yang kurang di sukai oleh sebagian besar orang . Namun bagi kita seorang yang pekerjaanya di dunia programer dan sekitarnya , matematika adalah hal yang mau tidak mau harus kita pelajari karena perhitungan matematika merupakan dasar dari pemrograman kalo menurut saya . Semakin kita memperdalam dunia programing maka kita akan semakin banyak bertemu dengan konsep-konsep matematika yang pernah kita pelajari di sekolah dahulu .

Untuk bisa menaklukkan yang namanya matematika kita harus punya kuncinya . Mau tau apa kuncinya ??? kuncinya hanyalah terus mencoba dan jangan pernah menyerah . Untuk itu biasakan diri kita dengan matematika . 

Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java
Kali ini saya akan mengajak kawan-kawan belajar sedikit mengenai matematika dalam coding java tentunya . Saya akan membahas tentang bilangan prima . Masih ingatkah kalian dengan bilangan prima ????

Apa itu bilangan prima ???

Bilangan prima adalah bilangan yang habis di bagi oleh 1 dan oleh dirinya sendiri . Biangan prima hanya terdiri dari bilangan positif saja jadi tidak ada unsur negatifnya . Contohnya bilangan prima seperti ini : 2 , 3 , 5 , 7 dan seterusnya .

Disini saya ingin mengecek sebuah angka apakah angka itu termasuk bilangan prima atau tidak . Buat dahulu kelasnya , kemudian jika sudah buat juga fungsi cekPrima dengan tipe data boolean seperti code di bawah ini .
     public boolean cekPrima(int angka){
        int counter = 0; // Untuk membantu penghitungan
        for (int i = 2; i < angka; i++) {
            if(angka % i == 0){
                counter++; // Perbaharui nilai counter
            }
        }
        
        if(angka > 0 && counter == 0){
            return true;
        }
        return false;
    }

Saya memerlukan sebuah parameter untuk mendapatkan angka yang akan di cek . Kemudian kita buat sebuah counter untuk bantuan menghitung . Kemudian saya butuh looping for untuk melooping sampai dengan batas dari inputan parameter tadi . Di dalamnya kita buat seleksi dengan if , dengan kondisi jika angka di modulus i (berubah ubah sesuai nilai i di looping) = 0 maka counter akan di incrementkan .

Kita baca lagi apa pengertian dari bilangan prima , yaitu bilangan yang habis di bagi 1 dan dirinya sendiri . Jadi jika counter tetap berisi 0 maka dia adalah bilangan prima , jika counter berubah dia bukan bilangan prima karena angka dapat di bagi habis oleh bilangan lain . Kalo isi if di eksekusi maka kita rentun nilai TRUE , jika isi if tidak di eksekusi maka kita return FALSE .

Sampai disini pengecekan prima sudah bisa di lakukan . Namun saya akan membuat sebuah prosedur agar nanti ketika ingin menampilkan saya tinggal panggil prosedurnya saja . Buat prosedur bacaPrima dengan satu buah parameter .
    public void bacaPrima(int angka){
        Prima prima = new Prima();
        if(prima.cekPrima(angka)){
            System.out.println(angka + " adalah angka prima");
        }else{
            System.out.println(angka + " bukan angka prima");
        }
    }

Didalam prosedur di atas memanggil fungsi yang sudah kita buat tadi untuk mengecek apakah prima atau tidak . Jika prima maka tampilan bilangan itu prima jika tidak maka tampilkan bilangan itu bukan prima .

Kemudaian di dalam mainya kita langsung saja panggil prosedur bacaPrima dengan parameter berupa angka yang akan kita cek .
    public static void main(String[] args) {
        Prima prima = new Prima();
        
        prima.bacaPrima(7);
    }
Hasil run akan seperti gambar di bawah ini .

Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java

Sebenarnya saya masih ingin membahas banyak fungsi untuk bilangan prima ini , namun saya cukupkan sekian dulu supaya kawan-kawan tidak pusing dan akan saya lanjutkan di postingan berikutnya . Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Download coding materi ini dibawah .

Related Posts:

0 Response to "Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar