Mengenal Kelas POJO Dari NetBeans

POJO atau singkatan dari Plain Old Java Object adalah sebuah fungsi yang di sediakan oleh netbeans untuk menggenerate fungsi-fungsi java sendiri dari sebuah atribut .Hasil generate di buat kedalam standar bahasa pemrograman Java sebagai implementasi PBO.
Mengenal Kelas POJO Dari NetBeans

Fungsi dari generate atribut ini bertujuan untuk memudahkan programmer untuk mengerjakan project, jadi kita tidak harus berlama-lama mengetik coding . Misalnya kita butuh fungsi untuk membuat setter dan getter maka tinggal kita generate saja dari atribut yang sudah kita buat.

Cara menggenerate atribut mengguanakan kelas pojo di netbeans

- Ketikan atribut yang ingin kita generate di dalam kelas .Misalnya kita memiliki atribut nama dengan tipe data string seperti code di bawah ini .
 
public class BelajarPOJO {
    String nama;
}
- Klik kanan mouse dan pilih Insert Code ... .
- Akan muncul menu generate dan silahkan pilih ingin menggenerate fungsi apa .

Beberapa pojo yang sering di gunakan

Constructor

Constructor di gunakan untuk membangun object default di memori saat pembentukan instance. Untuk menggeneratenya setelah muncul menu generate pilih constructor lalu centang atribut yang ingin di masukan dan klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .
 
public class BelajarPOJO {
    String nama;
    public BelajarPOJO(String nama) {
        this.nama = nama;
    }
}

Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang constructor saya akan jelaskan di postingan berikutnya .

Setter

Setter di gunakan untuk mengisikan nilai ke dalam atribut .Untuk menggeneratenya setelah muncul menu generate pilih Setter lalu centang atribut yang ingin di masukan lalu centang juga encapsulate fields jika ingin mengenkapsulasikan antribut kemudian klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .
 
public class BelajarPOJO {
    private String nama;
    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }  
}

Getter

Getter di gunakan untuk mengambil nilai dari atribut . Untuk menggeneratenya setelah muncul menu generate pilih Getter lalu centang atribut yang ingin di masukan lalu centang juga encapsulate fields jika ingin mengenkapsulasikan antribut kemudian klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .
 
public class BelajarPOJO {
    private String nama;
    public String getNama() {
        return nama;
    }
}

Penggunaan setter dan getter lebih cocok di gunakan untuk enkapsulasi object . Baca selengkapnya tentang enkapsulasi object.

toString

toString adalah fungsi yang berguna untuk mencetak nilai - nilai atribut .Untuk menggeneratenya setelah muncul menu generate pilih toString laluklik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .
 
public class BelajarPOJO {
    String nama;
    @Override
    public String toString() {
        return "BelajarPOJO{" + "nama=" + nama + '}';
    }
}

toString di sini adalah contoh dari penggunaan teknik override . Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan di postingan berikutnya .

Masih ada beberapa lagi yang dapat kita generate tapi saya cukupkan di sini karena yang sering di gunakan adalah yang saya sebutkan di atas . Nantikan terus tutorial-tutorial dari java dan android hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java . Kunjungi juga adaajatutorial.blogspot.com untuk tutorial-tutorial yang lain.

Related Posts:

5 Responses to "Mengenal Kelas POJO Dari NetBeans"

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar