Coding Enkapsulasi Dalam Bahasa Pemrograman Java

Dalam postingan sebelumnya yang berjudul konsep PB0 dalam bahasa java , saya sudah sedikit menjelaskan tentang Enkapsulasi di dalam bahasa java .Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang enkapsulasi lebih mendalam .

Pengertian enkapuslasi

Enkapsulasi merupakan salah satu sifat dari PBO . Secara bahasa enkapsulasi berarti pengkapsulan sebuah data . Coba kita misalkan seperti obat yang berbentuk kapsul , tujuannya obat di bentuk kapsul adalah melindungi isi obat yang ada di dalam kapsul agar tidak mudah rusak . Hal ini tidak berbeda jauh dengan enkapsulasi yang ada di java .

Lebih tepanya pengertian enkapsulasi sendiri adalah pengemasan dan penyembunyian suatu informasi . Dari hal ini lah enkapsulasi juga di kenal dengan istilah infomation hidding .

Coding Enkapsulasi Dalam Bahasa Pemrograman Java


Perhtikan gambar di atas , kalo kita perhatikan bagian-bagian mobil itu juga di enkapsulasi oleh badan mobil agar bagian dalamnya tidak mudah rusak karena pengaruh dari luar .

Keuntungan kita jika menggunakan ENKAPSULASI

Dengan menggunakan teknik enkapsulasi maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang sangat berguna . Di bawah ini saya akan menjelaskannya:

1. Objek dan bagian-bagian didalamnya dapat fleksibel untuk dipindahkan .
2. Objek dapat dilindungi dari pengaksesan yang tidak diperkenenkan
3. Objek lebih kohesi sehingga dapat bekerja dengan lebih independen.

Coding enkapsulasi dalam bahasa java

Setelah kita membahas apa itu enkapsulasi maka sekarang kita akan berurusan dengan coding . Di dalam java kita kenal dengan variabel global yaitu variabel yang terletak di dalam kelas induk dan tidak terdapat dalam method. Kita buat 2 buah variabel dengan identifier private di mana cara pengaksesan datanya dengan mengguankan method setter() dan getter(). Buat dulu code seperti di bawah ini .
 
public class Kapsul {
    String nama;
    String jumlah;
}


Generate enkapsulasi dalam netbeans

NetBeans telah memberikan kita banyak fungsi yang dapat kita gunakaan untuk mempercepat kita dalam mencoding . Salah satu fungsi yang sangat membantu adalah pengeneratean prosedur setter() dan fungsi getter() dengan hanya mengklik klik beberapa menu yang di sediakan netbeans. Cara untuk menggenerate seter dan getter adalah sebagai berikut .

1. Klik di bagian belakang variabel jumlah; kemudian klik kanan mouse . Pilih menu Insert code kemudian akan muncul menu generate . Kita bisa memilih hanya menggenerate setter saja dengan mengklik pilihan setter begitu juga untuk yang getter . Kita juga bisa langsung menggenerate setter dan getter secara bersamaan dengan mengklik yang Setter dan Getter . Saya lebih menyarankan memilih yang langsung klik Setter dan Getter karena kita membutuhkan keduanya .

2. Akan muncul menu generate setter dan getter . Centang pada kotak cek box di sebelah variabel yang akan kita generate setter dan getternya . Kemudian klik pada kotak cek box di kanan bawah yang bertuliskan Encapsulate Fields , hal ini bertujuan untuk mengubah modifier (hak akses ) di variabel menjadi private . Jika sudah maka tekan tombol generate dan code pun akan digenerate secara otomatis .

Hasilnya akan menjadi seperti code di bawah ini .

 
public class Kapsul {
    String nama;
    String jumlah;

    public String getNama() {
        return nama;
    }

    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }

    public String getJumlah() {
        return jumlah;
    }

    public void setJumlah(String jumlah) {
        this.jumlah = jumlah;
    }
    
}


Sekarang kita coba untuk menggunakan setter dan getter di dalam main . Kita buat dulu main nya , bisa kita ketikan sendiri atau kita pakai cara cepatnya dengan mengetikan psvm kemudian tekan tombol tab . Lalu kita tambahkan coding seperti di bawah ini .

 
public static void main(String[] args) {
        Kapsul kap = new Kapsul();
        
        kap.setNama("Roda");
        kap.setJumlah("Tiga");
        
        System.out.println("AMBIL NAMA = "+kap.getNama());
        String jum = kap.getJumlah();
        System.out.println("AMBIL JUMLAH = "+jum);
}


Kita buat dulu instance baru dari kelas Kapsul kemudian kita panggil setter dan getternya . Untuk pemanggilan getter kita bisa langsung menampilkannya atau kita simpan dahulu dalam variabel , baca juga selengkapnya tentang fungsi dalam java . Hasil run yang akan terjadi adalah seperti gambar di bawah ini .





Coding Enkapsulasi Dalam Bahasa Pemrograman Java


Jadi itulah pembahasan kita kali ini tentang enkapsulasi dalam bahasa pemrograman java . Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk tutorial java dan sedikit ilmu tentang java .

Silahkan download sourcode postingan ini dibawah .

DOWNLOAD

Related Posts:

1 Response to "Coding Enkapsulasi Dalam Bahasa Pemrograman Java"

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar