Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi

Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi


Ketika baru belajar coding pasti kita pernah mendapatkah hasil error . Error dalam belajar merupakan hal yang wajar dan bisa terjadi pada setiap orang . Misalnya kita membuat sebuah coding dimana kita ingin meminta inputan berupa angka namun yang terjadi adalah kita memasukan bukan angka , maka akan terjadi error dan program pun di paksa berhenti . Hal seperti itu bisa kita sebut sebagai eksepsi .

Apa itu eksepsi ??

Eksepsi merupakan sebuah kondisi abnormal yang terjadi pada suatu runtun kode saat program sedang dijalankan. Contoh yang lain misalnya kita ingin melakukan pembagian dengan angka 0 . Ingat dalam matematika bahwa pembagian dengan angka 0 tidak di mungkinkan , java pun seperti itu . Akhirnya program akan muncul error saat di jalankan .

Bagaimana cara membuat program tetap berjalan walaupun terdapat error ??

Tenang java dapat menjawab pertanyaan di atas , jawabanya yaitu dengan penanganan eksepsi . Perhatikan code di bawah ini .
 try {
            System.out.println("Masukan angka : ");
            int angka = input.nextInt();
            int hasil = angka/0;
        } catch (Exception e) {
            System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());
        }
Diatas kita sebut dengan blok try-catch . Didalam blok try kita isi dengan coding yang kira-kira akan membangkitkan error ketika di run . Error di sini bisa seperti contoh error yang ada di atas dan masih banyak lagi error yang lain . Kemudian di dalam blok catch berisi tentang penanganan yang akan kita lakukan saat terjadi error . Misalnya ketika terjadi error kita ingin menampilkan sebab errornya .

Dalam try-catch bisa terdapat lebih dari satu catch (penanganan error) karena kondisi bisa di spesifikan ke error yang akan di timbulkan . Namun jika kawan-kawan bingung dengan apa kira-kira error yang akan terjadi maka sebaiknya gunakan saja yang default .Oh ya apakah kawan-kawan tertarik untuk membuat tampilan coding seperti di halaman ini ??? jika tertarik silahkan baca membuat codingan di blogspot .
 try {
            System.out.println("Masukan angka : ");
            int angka = input.nextInt();
            int hasil = angka/0;
        } catch (ArithmeticException ae) {
            System.out.println("Masalah = "+ae.getMessage());
        } catch (InputMismatchException ime) {
            System.out.println("Masalah = "+ime.getMessage());
        }
Kemudian berikutnya adalah statement finally setelah catch . Finally akan tetap di eksekusi ketika terjadi atau tidak terjadi errror . Biasanya finally tidak begitu di gunakan .Saya juga kurang begitu paham apa kegunaan dari finally ini sebenarnya.
 try {
            System.out.println("Masukan angka : ");
            int angka = input.nextInt();
            int hasil = angka/0;
        } catch (Exception e) {
            System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());
        } finally{
            System.out.println("Final akan tetap di eksekusi");
        }
Dalam bahasa pemrograman lain pun ada penanganan eksepsinya namun agak berbeda bentuk . Jadi gunakan try-catch ketika kita membuat sebuah coding yang kira-kira akan membangkitkan error . Tetap semangat coding dan terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Download coding materi ini di bawah .

DOWNLOAD

Related Posts:

0 Response to "Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar