Coding Kalkulator Sederhana Dengan Java

Coding Kalkulator Sederhana Dengan Java


Dalam kehidupan sehari - hari kita tidak akan lepas dari yang namanya proses matematika . Mulai dari hal yang kecil seperti menghitung jumlah buah sampai dengan hal yang sangat besar seperti menghitung nilai ekonomi . Manusia untuk mempermudah hidupnya pun membuat sebuah alat untuk mempermudah perhitungan tersebut , mulai dari yang sederhana sampai yang sangat moderen . 

Dahulu kita mengenal sempoa , alat hitung yang sangat sederhana namun sangat berguna pada zaman dahulu . Kali ini kita tidak akan membuat sempoa melainkan alat yang lebih moderen yaitu kalkulator.

Kalkulator merupakan alat bantu hitung matematika yang di ciptakan untuk membantu kita mempermudah dalam perhitungan. Disini kita akan mencoba membuat kalkulator sederhana dengan menggunakan bahasa java tentunya .

Bagaimana kita membuat kalkulator ???

Setelah kita membuat kelas , kita langsung buat mainnya . Kita hanya akan bermain-main di dalam method main saja hari ini . Buat scanner untuk proses input angkanya nanti . Bagi yang belum tau caranya atau mungkin lupa silahkan baca buat scanner dalam java .

 Scanner input = new Scanner(System.in);

Karena kita menggunakan inputa maka coding kita berpeluang mengimbulkan error . Misalnya jika kita minta inputan angka dan yang kita buakan angka maka akan terjadi error . Untuk itu kita buat try catch untuk menangani error ini . 

try { // Berisi coding yang akan membangkitkan error } catch (Exception e) { // Penanganan error }

Kemudian di dalam try-catch siapkan juga beberapa variabel yang nantinya akan kita gunakan .

int pilih ; double angka1 = 0, angka2 = 0, hasil = 0; boolean stop = false; String bantu;

Ketika coding di run , saya ingin project tidak hanya sekali jalan . Untuk itu saya akan menggunakan proses looping untuk mengulang project dan looping yang saya gunakan adalah while . Kenapa saya menggunakan while ??? karena saya tidak ingin ada batasan sampai kapan project ini akan terus berjalan . Baca selengkapnya tentang while .

while(!stop){ // Berisi hal yang akan di looping }
Didalamnya saya memberikan menu agar memudahkan user . Kemudian user di suruh memilih menu dengan memasukan angka menunya .

System.out.println("PILIH : \n" + "1.Tambah \n" + "2.Kurang \n" + "3.Kali \n" + "4.Bagi \n"); pilih = input.nextInt();
Kemudian minta input angka yang akan di eksekusi .

System.out.println("Angka 1 : "); angka1 = input.nextDouble(); System.out.println("Angka 2 : "); angka2 = input.nextDouble();
Kemudian kita akan menggunakan percabangan switch case . Untuk hal seperti ini daripada if-else , switch case lebih baik . Didalam switch case di beri pilihan berdasarkan menu yang sudah kita buat tadi yaitu tambah , kurang , kali dan bagi . Jika kita memilih selain itu maka akan masuk dalam default . Selengkapnya baca cara membuat switch case .

switch (pilih){ default : System.out.println("PILIHAN TIDAK ADA"); break; case 1 : hasil = angka1 + angka2; System.out.println("angka1 + angka2 = " + hasil); break; case 2 : hasil = angka1 - angka2; System.out.println("angka1 - angka2 = " + hasil); break; case 3 : hasil = angka1 * angka2; System.out.println("angka1 * angka2 = " + hasil); break; case 4 : hasil = angka1 / angka2; System.out.println("angka1 / angka2 = " + hasil); break; }
Sampai disini project kita sudah bisa di jalankan , namun masih belum bisa berhenti . Kita perlu membuat suatu kondisi agar project kita bisa berhenti , caranya dengan seperti ini .

System.out.println("\nTekan y atau ya atau Y atau YA jika ingin berhenti"); bantu = input.next(); if(bantu.equalsIgnoreCase("y") || bantu.equalsIgnoreCase("ya")){ stop = true; }
Di atas kita memberikan pilihan pada user untuk memilih berhenti atau tetap lanjut . Nah itu pembahasan kita kali ini , walaupun sederhana namun bisa melatih kita dalam belajar memahami coding .

Coding materi ini bisa di download di bawah .

Related Posts:

0 Response to "Coding Kalkulator Sederhana Dengan Java"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar