Perbedaan Looping While Dengan Do While

Masih membahas tentang materi looping dalam java . Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang looping dengan for dan juga looping dengan while . Kita juga sudah membahas perbedaan antara keduanya . Sekarang saatnya kita bahas looping yang terakhir ini yaitu looping do while .

Looping While Dengan Do While


Dalam bahasa pemrograman lain ada looping yang namanya repeat until , nah kalo di java sama aja seperti do while.

Apa beda looping while dengan do while ???

Coba cermati kata-kata di atas dahulu pasti akan ketemu kata kuncinya . Ya benar bedanya ada di kata Do , yang berarti kerjakan . Cara kerja dari while yaitu kita membaca kondisinya dahulu baru melakukan aksi looping jika kondisinya bernilai TRUE . Baca selengkapnya tentang looping while.

Sementara jika do while maka kita melakukan dahulu aksi dari loopingnya baru membaca kondisi looping . Jadi walaupun kondisi do while bernilai salah pun kita tetap sudah melakukan aksi sekali .

Kita langsung ke codingnya , perhatikan coding while di bawah ini .
        int angka1 = 0;
        
        while(angka1 < 0){
            System.out.println("While pertama di eksekusi");
            angka1++;
        }
        
        System.out.println("Isi angka1 = " + angka1);
Kalo kita cermati coding di atas maka jika di run , looping while tidak akan di lakukan karena tidak memenuhi kondisi . Hasilnya angka1 pun tetap berisi 0 . Kemudian coba jika kita buat dengan looping do while seperti di bawah ini .
        int angka2 = 0;
        do{
            System.out.println("While kedua di eksekusi");
            angka2++;
        }while(angka2 < 0);
        
        System.out.println("Isi angka2 = " + angka2);
Jika kawan - kawan run maka walaupun kondisinya tidak memenuhi tetap looping akan di jalankan sekali dan isi dari variabel angka2 berubah menjadi 1 .

Sama - sama menggunakan looping while yang batasnya kita belum tahu tapi hasilnya beda . Nah itu lah perbedaan dari looping while dan do while . Hasilnya jika di run akan seperti gambar di bawah ini .

Looping While Dengan Do While


Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kawan-kawan mengerti tentang apa itu looping do while . Baca juga codinga looping for untuk looping dengan batas yang sudah di ketahui . Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Download coding materi ini di bawah .

DOWNLOAD

Related Posts:

2 Responses to "Perbedaan Looping While Dengan Do While"

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar