Coding Looping While Dalam Bahasa Java

Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini pasti kawan-kawan sudah tahu apa itu looping . Sudah saya jelaskan pada postingan yang dahulu tentang looping for di java . Selengkapnya silahkan baca apa itu looping for di java .

Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Apa Perbedaan antara looping for dan while ???

Saya ulang sedikit ya looping berguna untuk mengulang coding kita agar coding kita tidak membengkak . Looping merupakan hal yang wajib di pelajar tidak ada kata tapi , karena sangat penting dalam coding kita .

Sebenarnya di dalam java terdapat 3 buah jenis looping yaitu looping for , looping while dan looping do while . Nah kali ini kita bahas dulu yang for dan while .

Jadi apa sih beda antara keduanya ???

Begini kawan , inget kan kalo for itu looping yang kita udah tahu batasnya . Jadi looping akan terus melooping sampai dengan batas yang sudah kita tetapkan . Nah kalo while , kita belum tahu batasnya . Terus kalo tidak tahu batasnya bagaimana ??? Jangan resa dan jangan bingung . Maksud dari kita belum tahu batasnya di sini , kita tidak dapat menentukan pastinya batasnya berapa kali looping . Jadi yang menentukan batasnya yaitu kondisi yang akan kita pakai , while akan terus melooping sampai ketemu kondisi untuk berhenti .

Bagaimana cara kita membuat looping while ???

Secara default coding untuk while seperti ini .
        while(kondisi){
            // Isi yang akan di looping
        }
Siapkan beberapa variabel di bawah ini .
        // Variabel yang di butuhkan 
        boolean stop = false;
        int counter = 0;
        int kunci = 4;
Saya akan jelaskan sedikit , variabel stop berguna untuk kondisi apakah looping while akan terus atau berhenti. Kemudian variabel counter berguna untuk menghitung banyaknya looping yang akan di lakukan . Lalu variabel kunci untuk kunci yang harus di temukan.

Kemudian incrementkan counter agar kita tahu ini loopingan ke berapa . Disini saya akan mengacak angka dari 0 - 9 , di sini saya menggunakan pustakan java . Kelas math dalam java menyediakan beberapa fungsi untuk operasi matematika termasuk mendapatkan angka random . Untuk mendapatkan angka antara 0 - 9 buat coding seperti di bawah ini .
            // Dapatkan angka random
            int acak = (int)(Math.random()*10);
Kemudian tampilkan angka yang berhasil kita dapatkan .
 System.out.println(acak);
Buat kondisi agar looping mau berhenti . Caranya dengan penyeleksian kondisi dengan if , buat kondisi jika angka yang kita random tadi hasilnya sama dengan isi dari variabel kunci . Ketika kondisi if terpenuhi , kita ubah nilai dari variabel stop menjadi true . Sehingga looping dapat berhenti karena kodisi untuk looping while tidak terpenuhi.
            // Berhenti jika sudah mendapat angka yang di cari
            if(acak == kunci){
                stop = true;
            }
Dibawahnya kita tampilkan angka kunci di temukan pada loopingan ke berapa . Tampilkan juga berapa kali looping di lakukan .
        System.out.println("Looping while untuk mendapatkan angka " + kunci + " adalah sebanyak "+counter);
        System.out.println("While berhenti pada looping ke " + counter);
Hasilnya jika di run akan seperti ini .

Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Akhirnya selesai juga pembahasan looping while kita kali ini . Terus nantikan postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java.

Download coding materi ini di bawah .

DOWNLOAD


Related Posts:

0 Response to "Coding Looping While Dalam Bahasa Java"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar