Coding Bilangan Fibonacci Dalam Bahasa Java

Pernahkan kawan-kawan mendengar bilangan fibonacci ??? Jika belum maka silahkan baca terus postingan ini .

Bilangan fibonacci adalah sebuah deretan bilangan di mana angka urutan ke-3 nya merupakan hasil penjumlahan dari 2 urutan sebelumnya . Untuk angka selanjutnya (urutan 3 seterusnya) juga memakai prinsip yang sama .

Jika bingung , perhatikan gambar hasil run coding di bawah ini .



Angka fibonacci seperti gambar di atas .

Bagaimana coding membuat fibonacci di java ???

Logika setiap programer berbeda-bedan dan akan menghasilkan bentuk coding yang mungkin tidak sama , hal itu wajar . Seperti ibarat kita mau ke jakarta dari surabaya , banyak cara yang dapat kita lewati , bisa naik kereta atau naik pesawat atau lewat jalur pantura atau jalur-jalur yang lain . Nah membuat fibonacci versinya juga banyak ada yang menggunakan rekursif ada yang cuma di mainnya saja dan lain-lain .

Disini saya tidak akan menggunakan rekursif dahulu , mungkin di postingan saya selanjutnya akan saya bahas lagi menggunakan rekursif . Oke langsung kita ke topik pembahasan kali ini , yaitu membuat coding fibonacci .
Buat sebuah fungsi untuk mendapatkan angka fibonacci , saya beri nama di sini fungsi dapatFibo dengan dua buah parameter seperti di bawah .
 


Tujuan dari fungsi ini adalah mendapatkan hasil dari penjumlahan dua angka sebelumnya , ingat pengertian fibonacci tadi ya .

Kemudian selanjutnya kita buat prosedur yang berguna untuk menggenerate atau menampilkan angka fibonacci dengan batas tertentu . Sebenarnya bisa kita tidak menggunakan prosedur ini dan langsung saja kita buat di main nya tapi kalo suatu hari saya mau menggunakanya lagi , saya harus susah-susah lagi mengetikannya di main . Untuk menghidari hal seperti itu gunakan prosedur , baca selengkapnya tentang prosedur .

Buat prosedur dengan nama generateFibo dengan satu buah parameter , codingnya seperti di bawah ini .
 


Buat tiga buah variabel yang berguna untuk menyimpan angka pertama , kedua dan penampung untuk angka selanjutnya . Lalu tampilkan isi dari angka pertama dan kedua , setelah itu baru kita buat sebuah looping for dengan batas angka dari parameter di kurang 2 . Kenapa harus di kurang 2 ??? karena tadi kan kita sudah tampilkan 2 buah angka pertamanya .

Kemudian di dalam looping kita panggil fungsi dapatFibo dan kita tampung di variabel tampung . Yang akan kita tampilkan adalah variabel tampung ini . Lalu kita ganti isi dari variabel angka1 dan angka2 tujuannya agar nilainya untuk penjumlahan dapat di perbaharui .

Di dalam main nya kita panggil prosedur generateFibo . Supaya dapat dinamis kita gunakan scanner yang ada di java , baca juga cara memasukan inputan dari keyboard dalam bahasa java .

Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java . Terus semangat dalam coding dan jangan mudah putus asa .

Download coding materi ini di bawah

DOWNLOAD

Related Posts:

0 Response to "Coding Bilangan Fibonacci Dalam Bahasa Java"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar