Mengenal Fungsi Dan Kegunaannya Dalam Pemrograman

Fungsi adalah salah satu jenis dari method namun memberikan nilai kembali . Masih ingatkah kawan-kawan dengan posting saya tentang prosedur dalam java ??? Prosedur juga merupakan sebuah method tapi dia tidak memberikan nilai kembali .Selengkapnya tentang prosedur bisa di baca di sini .

Mengenal Fungsi Dan Kegunaannya Dalam Pemrograman
Si Oso punya cerita ni 

Ceritanya si oso lagi tiduran di bawah pohon rambutan . Dia melihat rambutan di atasnya udah pada merah semua . Oso pun tergoda untuk mengambilnya , namun buahnya terlalu tinggi . Oso pun memcari bambu yang agak panjang dan menjadikanya sebagai galah untuk mengambil rambutan . Setelah kenyang makan rambutan , galah tersebut di simpanya dengan harapan suatu saat dapat di gunakannya lagi tanpa perlu membuatnya dari awal .

Apa kegunaan dari fungsi sebenarnya ???

Dari cerita di atas oso menyimpan galah dengan tujuan jika suatu saat dia membutuhkannya tinggal memakainya lagi . Sama seperti kegunaan dari Method , dalam pembahasan ini kita meyebutnya fungsi karena memberikan nilai kembali . 

Bayangkan kawan-kawan ingin mengecek nilai yang terkecil antara 2 nilai . Dalam coding tersebut kawan-kawan tidak hanya sekali mengecek nilai terkecilnya melainkan berulangkali . Maka coding akan menjadi banyak sekali , untuk itu kita gunakan fungsi . Jadi jika kita perlu fungsi tersebut tinggal kita panggil saja . Bahkan kita dapat menggunakannya di kelas lain juga .

Ini adalah prinsip dari modularitas , jadi coding kita bagi permodul . Tujuannya agar jika ada error kita mudah mencari sumber masalahnya . Kita dan orang lain akan mudah membaca codingnya . 

Bagaimana cara membuat fungsi ???

Untuk membuat fungsi harus menentukan tipe data nilai yang ingin kita kembalikan atau return . Misalnya di sini saya ingin mengembalikan nilai integer maka codingnya menjadi seperti ini .
      public int min(int angka1, int angka2){
        if(angka1 < angka2){
            return angka1; // NILAI YANG DI KEMBALIKAN
        }
        return angka2; // NILAI YANG DI KEMBALIKAN
      }
Jangan lupa ya letak dari fungsi sama seperti prosedur yaitu di dalam kelas dan diluar dari main . 

Di atas saya membuat pengecekan angka minimal dari 2 angka . Saya memberikan 2 parameter agar saya nanti dapat melewatkan 2 angka saat memanggil fungsi . Setelah itu saya cek dengan percabangan if-else , jika angka pertama lebih kecil dari angka ke dua maka akan mengembalikan nilai angka pertama dan selain itu mengembalikan angka ke dua .Itu lah yang kita sebut dengan nilai yang di kembalikan atau di return .

Bagaimana cara kita memakai atau memanggil fungsi ???

Kita dapat memanggil fungsi di main atau di method lain juga bisa . Di main kita buat dulu instance kali kelas Fungsi kemudian kita buat sebuah variabel bernama c dan kita isi dengan pemanggilan fungsi tadi . Ingat tipe data dari variabel c harus sama dengan nilai yang di kembalikan .
        Fungsi fungsi = new Fungsi();
        int a = 9;
        int b = 5;
        int c = fungsi.min(a, b);
Didalam parameter bisa kita isi dengan variabel ataupun nilainya langsung . Tampilkan isi variabel untuk menampilkan hasilnya.
 System.out.println("Angka yang terkecil antara " + a + " dan " + b + " adalah " + c)
Nah ini cara pertama untuk memanggil fungsi dengan kita menampungnya di variabel . Ada juga cara lain yang lebih singkat yaitu kita panggil langsung dan kita tampilkan . Seperti di bawah ini .
 System.out.println("Angka yang terkecil antara 6 dan 23 adalah " + fungsi.min(6,23));
Hasilnya dapat langsung di run menjadi seprti ini .



Demikian pembahasan kita tentang fungsi yang ada di java , tunggu pembahasan-pembahasan kita selanjutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java.

Untuk coding di atas dapat di download di bawah .


Related Posts:

3 Responses to "Mengenal Fungsi Dan Kegunaannya Dalam Pemrograman"

  1. Terimakasih kak.. tulisannya sangat bermanfaat sekali..
    My blog
    My Campus

    ReplyDelete
  2. makasih infonya..sangat bermanfaat menambah ilmu

    http://wwwa.atmaluhur.ac.id

    https://kawakenakeruce.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar