Belajar Looping FOR Dalam Bahasa Java Mudah

Dalam bahasa pemrograman kita harus belajar looping . Looping adalah hal yang sangat mendasar dalam bahasa pemrograman . Tanpa looping coding kita akan membengkak dan tidak efisien.

 Looping FOR
Apa itu looping ???

Jika kawan-kawan belum tau apa itu looping , saya akan memberikan contoh . Misalnya jika saya ingin menampilkan kata “tutorialjava-mudah.blogspot.com sedikit ilmu untuk tentang java” sebanyak 100 kali saya tinggal membuat perintah System.out.print() sebanyak 100 kali .Mungkin jika hanya 100 tidak lah capek , tapi bayangkan jika kita ingin mencetaknya sebanyak 10000 atau lebih dari itu . Maka akan menjadi masalah besar jika menggunakan cara tersebut . Untuk mengatasi masalah tersebut makanya kita gunakan looping . Kegunaan dari looping adalah untuk mengulangi coding yang sudah kita buat sebanyak yang kita inginkan .

Dalam bahasa java terdapat tiga buah jenis looping yaitu looping for , while dan do while . Kali ini kita akan membahas looping for terlebih dahulu . Untuk looping lainya silahkan baca di cara pakai looping while dan cara pakai looping do while .

Apa itu looping for ???

Di dalam sebuah looping terdapat kondisi yang memungkinkan sebuah looping bisa terjadi attau mudahnya syarat terjadinya looping . Syaratnya antar lain , looping di mulai dari mana dan kapan looping berhenti .

Looping for sendiri pengertiannya adalah sebuah looping yang batasnya sudah kita ketahui . Jadi penggunaan looping ini sangat cocok jika kita sudah tahu ingin melakukan looping sebanyak berapa kali . Codingnya seperti di bawah ini .
public static void main(String[] args) {
        for (int i = 0; i < 100; i++) {
            System.out.println("tutorialjava-mudah.blogspot.com sedikit ilmu tentang java");
        }
    }
Perhatikan di dalam kondisi for , terdapat tiga buah hal yang di pisahkan dengan tanda " ; " titik koma . Tiga hal tersebut adalah awal looping , batas looping dan increment atau decrement yang berguna untuk memperbaharui nilai awal looping agar sampai pada batas looping .

Itu materi kita kali ini , baca juga penyeleksian kondisi dengan if dan switch case dalam java . Terus semangat belajar dan semangat dalam mencoding . Nantikan terus postingan berikutnya hanya ada di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Untuk codingnya dapat di download di bawah .

DOWNLOAD

Related Posts:

0 Response to "Belajar Looping FOR Dalam Bahasa Java Mudah"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar