Membuat Segitiga Dalam Java Versi 3

Sudah versi ke-3 ni bentuk segitiganya . Untuk gambarnya seperti di bawah ini .



Baca dulu pada versi 1 dan versi 2 agar mudah memahami yang ini , terlebih lagi yang versi 2 karena akan menggunakan loogika yang sama . Coba perhatikan gambar di atas , kalo kita lihat yang bagian kosong seperti bentuk segitiga versi 2 . Dari hal itu kita bisa memanipulasi tampilan dengan kita membuat dahulu versi 2 dan pada akhir looping for j sebelum kita enter kita tambahkan for lagi untuk mencetak bintang lagi .

Kawan-kawan dapat menggunakan coding versi 2 dengan cara di incrementkan atau menggunakan coding seperti di bawah ini dengan cara di decrementkan .
 
     public void segitigaSikuKanan(int tinggi){
        for (int i = 0; i < tinggi; i++) {
            // Cetak spasi
            for (int j = (tinggi-1-i); j >= 0; j--) {
                System.out.print(" ");
            }
            
            System.out.println("");
        }
    }

Kegunaan dari for j pertama ini untuk mencetak spasi kosong , memangg sepintas kalo di run tidak terlihat apa-apa . Kemudian kita cetak bintang dengan cara membuat for j yang kedua yang tujuannya sebagi pembentuk segitiga . Codingnya seperti di bawah ini .
 
            // Cetak bintang
            for (int j = 0; j <= i; j++) {
                System.out.print("*");
            }

Coba kalian perhatikan codingnya sama persis seperti membuat segitiga versi 1 , tidak ada bedanya sama sekali . Pada baris pertama kita tampilkan sebuah bintang dan bintang akan terus bertambah satu per baris di bawahnya .

Kunci keberhasilan dari pembuatan bentuk-bentuk segitiga atau lebih tepatnya bangun geometri adalah bagaimana cara kita memanipulasi mulainya looping dan batasnya kemudian tidak lupa dengan penggunaan cara tampil dengan .print() atau .println().

Untuk main nya saya seperti code di bawah ini .
 
    public static void main(String[] args) {
        Segitiga segi3 = new Segitiga();
        segi3.segitigaSikuKanan(5);
    }

Kawan-kawan ingin menampilkan code seprti di atas , baca juga ya selengkapnya di cara membuat code di postingan blogspot. Silahkan baca versi 4 dan nantikan terus postingan tutorial coding java hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Download coding di bawah ini.

Related Posts:

0 Response to "Membuat Segitiga Dalam Java Versi 3"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar