Segitiga merupakan bangun datar yang terdari tiga buah titik yang saling terhubung antara satu dengan yang lainya . Pembahasan kali ini akan kita buat versi segitiga 4 . Tidak lupa saya ingatkan lagi sebaiknya membaca terlebih dahulu versi 1 , versi 2 dan versi 3 karena versi 4 ini merupakan gabungan dari versi sebelumnya yang tentunya sudah manipulasi .
Gambar di atas adalah hasil run dari segitiga versi 4 ini . Pada bagian kosong akan terbentuk sebuah segitiga versi 1 , sama seperti versi 3 kemarin kita hanya tinggal menambahkan for j lagi sebelum code System.out.println() . Codingnya akan menjadi seperti berikut .
public void segitigaSikuKananBawah(int tinggi){
for (int i = 0; i < tinggi; i++) {
// Cetak spasi
for (int j = 0; j <= i; j++) {
System.out.print(" ");
}
// Cetak bintang
for (int j = (tinggi - i); j > 0; j--) {
System.out.print("*");
}
System.out.println("");
}
}
Saya menggunakan decrement untuk looping for j kedua ini , bisa juga dengan cara di incrementkan seperti versi 2 . Mudah bukan membuat bentuk-bentuk segitiga , apa sih manfaatnya kita belajar seperti ini ??? Coding seperti ini membantu kita untuk mengasah penggunaan looping , terkhusus lagi looping for .
Kawan-kawan bisa mengotak atik coding ini dan berkreasi membuat bentuk yang lain . Misalnya kita bisa membuat sebuah segitiga yang sama sisi atau membuat bentuk seperti wajik atau bentuk gerigi dan masih banyak bentuk yang lainnya .
Oh ya kalo cuma code di atas saja belum bisa di run tentunya . Buat dahulu mainnya seperti code di bawah ini .
public static void main(String[] args) {
Segitiga segi3 = new Segitiga();
segi3.segitigaSikuKananBawah(5);
}
Nantikan terus coding-coding berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com sedikit ilmu tentang java . Download coding di bawah ini .
DOWNLOAD
0 Response to " Membuat Segitiga Dalam Java Versi 4"
Post a Comment
Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar