Pengenalan Bahasa Pemrograman Java Bahasa Yang Sangat Populer

Tak kenal maka tak sayang , ya tentu dong  nggak kenal masak mau sayang sih...

Bahasa Pemrograman Java

Pada postingan perdana saya ini ,saya akan mengenalkan kawan-kawan dengan bahasa java  . Apa sih bahasa java itu ? emm... yang pasti bahasa pemrograman .

Menurut ringkasan yang saya dapat dari wikipedia ,bahasa java terlahir dari  The Green project  (1991 - 1992) dari tangan programer Sun Microsystem. Namun pada awalnya namanya bukan java melainkan “oak” nama ini di ambil dari pohon oak yang ada di depan ruang kerja nya James Gosling sang Bapak Java .

Akan tetapi karena nama oak sudah di pakai oleh software lain maka nama java lah yang di pakai , loh kok dari kata oak bisa sampai ke java ??  ternyata kawan nama java ini di ambil karena sang bapak java suka minum kopi tubruk yang asalnya dari jawa  (bahasa inggrisnya java).

Perkembangan java sangat cepat dan dapat mudah diterima mungkin karena janji dari pengembang java yaitu begitu anda membuat program maka anda bisa menjalankanya di mana saja .Selain itu bahasa java mirip dengan bahasa c# (sharp) karena memang dasarnya bahasa java juga dari bahasa C dan C++ .

Bahasa java sendiri sebenarnya memiliki 3 edisi yaitu :

1.JAVA SE (Standard Edition) merupakan edisi yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi pada sisi client atau applet.

2.JAVA EE (Enterprise Edition) merupakan edisi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi pada sisi server, seperti JAVA servlets dan JavaServer Pages.

3.JAVA ME (Micro Edition) merupakan edisi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk divais bergerak, seperti hp.

Untuk JAVA ME sekarang kurang begitu populer karena sudah tergeser oleh Android . Android sendiri sebenarnya juga menggunakan bahasa java . Ok sekian dulu kenalanya dengan java , kita sambung lagi di next post . Saya ucapkan terimakasih sudah mampir di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java . Mohon kritik dan sarannya.

Related Posts:

0 Response to "Pengenalan Bahasa Pemrograman Java Bahasa Yang Sangat Populer "

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar