Membuat Segitiga Dalam Java Versi 1

Bingung mau coding apa lagi ??? Kali ini saya akan memberikan sedikit coding untuk mengasah pemahaman kita tentang looping for dan juga perbedaan perintah tampil yaitu System.out.print() dengan System.out.println() . Mungkin codingan ini sudah banyak yang tahu , tapi akan saya coba membahasnya lebih rinci lagi agar bagi yang belum paham bisa mudah untuk memahaminya.


Gambar di atas sudah mewakili apa yang ingin saya buat . Ya benar , sekarang kita akan mencoba membuat sebuah bentuk dari segitiga siku-siku kiri . Ada beberapa cara untuk membuat tampilan seperti di atas ketika di run . Kalo secara mudahnya bisa langsung kita hanya tampilkan dengan perintah System.out.println() , tinggal kita susun saja seperti gambar di atas sudah jadi . Jika tingginya hanya 5 atau 10 sih tidak masalah , tapi bayangkan jika kita mau tingginya 1000 ya pastinya akan menjadi coding yang panjang dan melelahkan .

Coding dengan looping akan sangat membantu daripada harus menulis satu per satu . Karena kita sudah mengetahui batasnya kita gunakan looping for , selengkapnya tentang looping for .

Saya tidak akan membuat code ini di main melainkan akan saya bungkus di dalam fungsi . Di bawah sudah saya sisipkan codingnya .
 
    public void segitigaSikuKiri(int tinggi){
        for (int i = 0; i < tinggi; i++) {
            // Cetak bintang
            for (int j = 0; j <= i; j++) {
                System.out.print("*");
            }
            System.out.println("");
        }
    }

Disini terdapat dua buah elemen yaitu baris dan kolom . Perhatikan di atas terdapat dua buah looping for , looping pertama di gunakan untuk baris (atas ke bawah ) lalu looping kedua yang ada di dalam looping pertama digunakan sebagai kolom (kiri ke kanan).

Jalannya coding akan seperti ini , ketika looping for i = 0 maka akan di cek dengan kondisi kurang dari tinggi . Tingggi kita dapatkan dari inputan parameter . Jika memenuhi maka dia masuk ke looping for j . Pada for j kita mulai dari j = 0 dengan batas j <= i , hal ini bertujuan agar pada baris pertama dia hanya menampilkan satu bintang dan akan bertambah satu bintang pada baris di bawah nya.Dalam for j , bintang akan tercetak dari kiri ke kanan tidak akan ke bawah karena kita memakai System.out.print(). Setelah mencetak bintang maka j++ dan mulai for j lagi dengan nilai j sekarang 1 , karena dia melebihi batas maka for j berhenti dan akan di enter karena ada perintah System.out.println(). Kemudian for pada i akan di i++ menjadi i = 1 . Hal ini akan terus di lakukan selama for i belum mencapai batasnya .

Saya kira dari penjelasan saya di atas sudah mudah . Untuk menampilkanya tinggal kita panggil di mainnya saja seperti di bawah .
 
    public static void main(String[] args) {
        Segitiga segi3 = new Segitiga();
        segi3.segitigaSikuKiri(5);
    }

Ini lah pembahasan kita kali ini , baca juga segitiga versi 2. Nantikan terus postingan saya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java.

Download coding materi ini di bawah .

Related Posts:

0 Response to "Membuat Segitiga Dalam Java Versi 1"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar