Macam-Macam Tipe Data Primitif pada Java Part 2

Hi kawan , jumpa lagi dalam posting saya kali ini .Kali ini saya akan meneruskan posting kemaren , masih tentang tipe data primitif dalam java .Bagi yang belum sempat membacanya atau mungkin malah belum tahu , silahkan baca dulu di mengenal tipe data primitif part 1 .

Sebelumnya pada part 1 kita sudah membahas tipe data untuk angka bilangan bulat (byte, short, integer dan long) dan pecahan (float dan double). Sekarang kita akan membahas tipe data String , Char dan Boolean . Langsung saja kita bahas semuanya di bawah ini .

Tipe Data Primitif pada Java


3. Tipe data String

String adalah kumpulan dari karakter , untuk mengisinya harus di apit dengan petik ganda . Dalam banyak bahasa pemrograman ,String diperlakukan sebagai suatu tipe data . Namun dalam bahasa JAVA String adalah sebuah Objek  .Lihat potongan code di bawah ini .
        String a = "saya";
        
        System.out.println("isi variabel a = " + a);
Perhatikan untuk string kita perlu mengapitnya dengan petik ganda .Untuk variabel a di atas di isi kata Saya .  Kita juga dapat membuat variabel misalnya c yang berisi variabel a di tambah variabel b , perhatikan potongan code di bawah
        String b = " belajar";
        String c = a + b;
        
        System.out.println("isi variabel c = " + c);
Kita juga dapat membuat string seperti ini.
        String kata = new String("coba saja");
        
        System.out.println("isi variabel kata = " + kata);
String memiliki kelas tersendiri dalam java , kita dapat memanipulasinya semau kita . Namun di sini saya hanya akan mengenalkan saja , untuk pembahasan detailnya tunggu postingan saya berikutnya .

4. Tipe data Char

Char adalah tipe data untuk karakter , untuk mengisinya harus menggunakan petik tunggal .Uniknya di sini kita dapat membuat sebuah karakter dari angka namun kita harus merubah tipe datanya ke char dengan teknik casting . Contoh codingnya seperti di bawah .
        char huruf = 'r';
        
        System.out.println("isi variabel huruf = " + huruf);
        
        int angka = 97;
        char hurufAngka = (char) angka;
        
        System.out.println("isi variabel angka = " + angka);
        System.out.println("isi variabel hurufAngka = " + hurufAngka);
Misalnya kita buat sebuah variabel huruf dan kita isi dengan castingan angka 97 maka yang akan di tampilkan bukan 97 melainkan huruf a kecil . Jawabanya sederhana , 97 jika di ubah menjadi karakter ASCII maka akan menjadi a .

5. Tipe data boolean (true atau false)

Tipe data ini namanya BOOLEAN , hanya memiliki 2 isi yang pasti yaitu TRUE atau FALSE . Biasanya di gunakan untuk pengkondisian looping atau lebih seringnya di gunakan di syarat percabangan IF-ELSE .
        boolean pilih = false;
        
        if(pilih){
            System.out.println("true");
        }else{
            System.out.println("false");
        }

Jika main nya di run maka akan seperti gambar di bawah ini .

Tipe Data Primitif pada Java

Jadi itu lah tipe data primitif yang ada di java , sebenarnya ada jenis tipe data yang lain yaitu tipe data koleksi . Jika ada kesempatan saya akan membahasnya dalam blog ini . Nantikan terus postingan-postingan tentang bahasa pemrograman java hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Download coding materi ini di bawah .

Related Posts:

0 Response to "Macam-Macam Tipe Data Primitif pada Java Part 2"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar