Macam-Macam Tipe Data Primitif pada Java Part 1


Oke kita berjumpa lagi ni di postingan saya yang berjudul Tipe Data Bahasa Java Part 1 . Dari judulnya temen-temen pasti udah tau dong , ya tepat sekali Tipe Data Primitif adalah  tipe data yang sudah di sediakan oleh bahasa pemrograman itu sendiri . Kalo pengertian Tipe data sendiri sih sebenarnya adalah Jenisnya data .
Tipe Data Primitif
Java  memiliki tipe data yang lebih sedikit kalo menurut saya  jika di bandingkan dengan bahasa yang lainnya. Berikut akan saya jelaskan beberapa tipe data yang ada di bahasa pemrograman java .

Berikut adalah tipe  data primitif yang ada di java :

1.Tipe data bilangan bulat (Byte , Short, Integer dan Long)
Seperti namanya bilangan bulat berarti tipe data ini hanya menerima bilangan bulat atau angka tanpa disertai dengan koma .

a.Byte adalah tipe data yang peringgkatnya paling kecil dari ke- 4 tipe data ini , karena   hanya membutuhkan memori sebanyak 1 byte . Kemudian dia menyatakan bilangan bulat antara -128 sampai 127 .

b.Short  adalah tipe data yang peringkatnya 3 terbawah dari ke-4 tipe data ini , karena hanya membutuhkan memori sebanyak 2 byte.  Kemudian dia menyatakan bilangan bulat antara -32768 sampai 32767 .

c.Int / Integer adalah tipe data yang sering kita gunakan untuk bilangan bulat ini . Dia membutukan memori sebanyak 4 byte dan menyatakan bilangan bulat antara  -2147483648 sampai  2147483647

d.Long adalah tipe data yang paling besar jangkauanya untuk bilangan bulat . Dia membutukan memori sebanyak 8 byte . Long sendiri menyatakan bilangan bulat antara  -9223372036854775808  sampai 9223372036854775807

Java memberikan kita kemudahan dengan membuatkan fungsi sendiri yang di gunakan untuk mengecek minimal dan maksimal angka yang dapat di tampung pada setiap tipe data . Untuk mencoba fungsinya silahkan perhatikan potongan coding di bawah ini . 

        System.out.println("Angka tanpa koma");
        System.out.println("\nMin byte    = " + Byte.MIN_VALUE 
                         + "\nMax byte    = " + Byte.MAX_VALUE
                         + "\nMin short   = " + Short.MIN_VALUE
                         + "\nMax short   = " + Short.MAX_VALUE
                         + "\nMin integer = " + Integer.MIN_VALUE
                         + "\nMax integer = " + Integer.MAX_VALUE
                         + "\nMin long    = " + Long.MIN_VALUE
                         + "\nMax long    = " + Long.MAX_VALUE);
2.Tipe data bilangan pecahan (Double dan Float)

Diatas kita sudah membahas tipe data bilangan bulat dimana di dalamnya tidak menerima angka dengan koma . Repot juga jika kita ingin menggunakan angka dengan koma karena tidak masuk dalam tipe data di atas . Untuk itu kita menggunakan tipe data berikut ini untuk bilangan pecahan atau angka dengan koma . Berikut tipe datanya :

a.Double adalah tipe data untuk angka dengan koma dan di kenal dengan presisi ganda , karena dua kali lebih besar di bandingkan dengan float. Double sering di gunakan karena lebih akurat jika di bandingkan dengan float . Jangkauan dari  double adalah dari 4.9E-324 sampai 1.7976931348623157E308

b.Float adalah tipe data untuk angka dengan koma dan di kenal dengan presisi tunggal . Jangkauan dari float adalah dari 1.4E-45 sampai 3.4028235E38

Untuk mengeceknya silahkan gunakan potongan coding berikut.
        System.out.println("");
        System.out.println("Angka dengan koma");
        System.out.println("\nMin float    = " + Float.MIN_VALUE 
                         + "\nMax float    = " + Float.MAX_VALUE
                         + "\nMin double   = " + Double.MIN_VALUE
                         + "\nMax double   = " + Double.MAX_VALUE);
Hasilnya dapat dilihat langsung dengan cara di run .
Tipe Data Primitif

Oke sekian dulu pengenalan tipe data primitif bahasa java . Untuk tipe data yang lainya silahkan baca macam-macam tipe data perimitif pada java part 2. Kunjungi terus tutorialjava-mudah.blogspot.com , terimakasih dan mohon kritik beserta saranya .

Download coding materi ini di bawah .

DOWNLOAD



Related Posts:

0 Response to "Macam-Macam Tipe Data Primitif pada Java Part 1"

Post a Comment

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar