Belajar Konsep Pemrograman PBO Di Java Mudah

PBO adalah salah satu paradigma pemrograman yang populer pada saat ini . PBO atau Pemrograman Berbasis Objek atau OOP di temukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan sekitar awal tahn 1970 .

Model PBO ini menggantikan perannan dari konsep pemrograman terstruktur atau struktural . Pada PBO semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek dimana setiap objek dapat menerima , memproses dan mengirim pesan ke objek yang lainnya.
Belajar Konsep Pemrograman PBO Di Java Mudah

Karakteristik dari PBO

PBO merupakan bagian dari evolusi perangkat lunak baik dari sisi konsep maupun produk. Untuk membedakan PBO dengan pemrograman generasi sebelumnya di sini saya akan membahas beberapa karakteristik utama yang terdapat dalam "Pemrograman Berbasis Objek" .Untuk lebih lengkapnya saya akan uraikan di bawah ini .

1 . ENKAPSULASI
Kita lihat dari namanya yaitu ENKAPSULASI yang bermakna pengkapsulan . Kawan-kawan pahami dulu kata pengkapsulan , kita ibaratkan obat yang berbentuk kapsul . Tujuan dari obat di kapsulkan agar bagian dalam (isi obat) tidak rusak atau terganggu . Sama seperti halnnya enkapsulasi di sini tujuannya agar atribut yang kita buat tidak mudah untuk di akses sehingga atribut kita akan lebih aman . Enkapsulasi dapat di sebut juga dengan penyembunyian informasi atau information hidding. Jadi kita tidak harus tau isinya method (fungsi dan prosedur) yang akan kita gunakan tapi kita cukup tahu saja method ini berguna untuk apa .

2. ABSTRAKSI
Abstraksi merupakan sebuah pengenalan secara umum dari sebuah objek tanpa memerlukan pengetahuan yang detail . Penjelasan lebih mudahnya yaitu cara kita melihat suatu sistem dala bentuk yang lebih sederhana . Misalnya saya beri contoh Motor merupakan sebuah abstraksi dari kendaraan roda dua yang bisa bergerak dengan mesin .

3. MODULARITAS
Mudularitas merupakan pembagian objek kompleks kedalam bagian-bagian individual yang memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi dari modularitas adalah memudahnkan kita dalam mengerjakan sebuah project , memudahkan di sini bisa berarti memudahkan untuk membaca alur project bisa juga memudahkan kita dalam pencarian error . Lebih mudahnya dapat kita ibaratkan sebuah motor , yang tersusun dari berbagai macam modul seperti modul mesin , ban , gas dan lainnya .

4. HERARKI
Di dalam PBO kita juga akan mengenal adanya pewarisan , bukan pewarisan harta ya . Pewarisan di sini lebih di tepatkan pewariasan sifat dari kelas induk ke kelas anak . Bisa kita misalkan bahwa anak memiliki sifat yang diturunkan dari kedua orang tuanya , entah itu bisa dominan dari ayah atau ibunya .Dalam kesempatan yang lain akan saya bahas lebih lengkapnya.

Apa sih alasan kita harus mengguanakan pbo ???

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa konsep pbo merupakan penyempurnaan dari konsep bahasa prosedural . Sebenarnya prosedural pun juga merupakan penyempurnaan dari bahasa sekuensial .

Kelemahan dari bahasa prosedural seperti ini , misal ada sebuah perusahaan membuat sebuah buku kas besar menggunakan variabel yang dapat di akses oleh fungsi-fungsi lainnay sehinggah harus di jadikan menjadi variabel global . Seperti yang kita ketahui bahwa variabel global dapat di akses oleh semua fungsi . Masalah akan muncul jika ada programmer baru yang belum mengetahui seluk beluk program kita ini dan kemungkinan yang akan terjadi adalah kerusakan data karena pengaksesan langsung.

Kelebihan PBO (Java)

1. Multiplatform , sesuai dengan prinsipnya yaitu "tulis sekali , jalankan dimana saja" java dapat di jalankan dalam os yang berbeda . Beberapa os yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows , Linux , Mac OS dan Sun Solaris .

2. OOP , cara berfikirnya seperti manusia karena berdasarkan objek bukan perintah perbaris .

3. Untuk java sendiri memiliki pustakan yang bisa dikatakan cukup dari lengkap untuk mengengerjakan project .

4. Di dalam java terdapat pengumpul sampah otomatis jadi tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung .

Kekurangan PBO (Java)


1. Penggunaan memori yang banyak , dari pada bahasa seperti C/C++ dan pascal java memiliki penggunaan memori lebih besar .

2. Mudah didekompilasi.

3. Program yang di buat dengan java lebih lambat dibanding dengan program yang di buat dengan bahasa lain seperti c / c++.


Masih banyak yang belum bisa saya terangkan tentang PBO , dalam hal ini saya maksudkan lebih ke java . Jika ada kesempatan lain akan saya coba jelaskan lebih banyak lagi atau kawan-kawan dapat membaca cara belajar java dengan mudah . Semoga postingan ini dapat membatu bagi para pemula yang ingin belajar tentang konsep PBO di dalam java .

Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Related Posts:

2 Responses to "Belajar Konsep Pemrograman PBO Di Java Mudah"

  1. Kalau mw bikin program bahasa menggunakan java untuk.buat software toko online aplikasi apa aja sih yang d butuhkan..? Maaf saya baru belajar ..
    Minta bantuannya yah teman

    ReplyDelete
  2. bigthanks bang, semoga mendapat rahmatNya..

    ReplyDelete

Terima kasih suah membaca blog saya, silahkan tinggalkan kometar